Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat Keras
Hardware





Perangkat Keras (Hardware) adalah segala piranti atau komponen dari sebuah computer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Dengan kata lain hardware dapat diartikan juga sebagai perangkat yang memiliki bentuk fisik pada computer sehingga dapat dilihat dan disentuh. Salah satu fungsi hardware yaitu untuk mendukung melakukan komputerisasi, misalnya seperti menerima input data, mengolah data, dan menyimpan data, maupun mengeluarkan hasil pengolahan data.

Macam – macam perangkat keras
Perangkat keras terdiri menjadi 2 macam, yaitu:
1.   Perangkat Masukan (Input Device)
Secara umum Input Device adalah perangkat masukan pada personal computer yang berfungsi untuk memasukan perintah dari pengguna computer baik berupa perintah teks, gambar, maupun suara yang nantinya akan di olah kembali oleh perangkat processing untuk ditampilkan oleh perangkat penampil atau output device.  Maka dapat disimpulkan bahwa input device berfungsi sebagai media atau perantara untuk memasukkan data dari luar system ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah dan bisa menghasilkan informasi yang diperlukan oleh user.
Beberapa contoh perangkat masukan:
a.    Mouse
Mouse adalah salah satu hardware computer yang menerima input-an berupa Gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, icon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karen memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung besar di bagian belakang.
Mouse sendiri telah melalui perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Beberapa tahun lalu, mouse memmpunyai segi bentuk yang monoton. Namun kini banyak dijumpai variasi bentuk mouse yang baru. Selain perkembangan dari segi bentuknya, mouse tentunya juga mengalami perkembangan dari segi teknologi maupun kegunaanya. Dari segi teknologi mouse dulunya menggunakan sensor mekanik (mechanical mouse) yang kini telah berkembang ke model optical mouse.
Berikut fungsi – fungsi dari mouse:
-        Menunjukkan letak kursor di layer monitor
-        Melakukan kegiatan memasukkan perintah yang disebut : klik, klik ganda (double klik), klik tahan dan geser (drag and drop click), klik kanan serta klik kiri
-        Melakukan scrolling layer untuk melihat seluruh bagian dalam program yang sedang dibuka dengan cara menggeser roda scroll
-        Memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet

b.   Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat keras pada computer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berpa huruf, angka dan symbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada computer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan suatu proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.
Macam – macam keyboard :
-        Keyboard QWERTY
Keyboard ini diciptakan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878. Pada saat itu, QWERTY masih menjadi standar mesin tik komersial. Namun saat ini, jenis keyboard ini adalah jenis yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Keyboard ini didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna menekan tombol dengan mudah tanpa mengalami kemacetan. Namun meski demikian, nyatanya desain keyboard ini masih terdapat kelemahan. Yakni penempatan huruf yang paling banyak digunakan 'a' yang harus ditekan dengan menggunakan jari yang paling lemah yaitu jari kelingking.
-        Keyboard DVORAK
Keyboard jenis ini dirancang sedemikian rupa agar pengguna cenderung menggunakan   tangan kanan dari pada tangan kiri untuk mengetik. Namun, menurut sebuah survey menunjukkan jika desain dari DVORAK dirancang untuk dapat mengurangi rasa kelelahan dalam mengetik. Itu artinya, desain Dvorak lebih efisien 10-15 persen daripada desain QWERTY.
-        Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard klockenberg ini dibuat dengan tujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada. Dengan memisahkan kedua bagian dari keyboard, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan pada keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat serta dibuat miring ke bagian bawah.Dan keyboard ini memiliki tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja.
-      Keyboard Maltron
Bentuk dari keyboard ini sendiri terbilang sangat unik. Keyboard ini di desain dengan tombol yang melengkung kedalam agar jari pengguna tidak dalam posisi membentuk satu garis yang lurus. Keyboard inipun diklaim dapat memberikan sensasi nyaman bagi pengguna serta menjamin pengguna tidak akan mengalami RSI (Repetitive Stress Injuries). Selain itu, dengan menggunakan keyboard ini para pengguna dapat mengetik lebih cepat karena penggunaan tombol yang telah dioptimalkan dengan baik.
-        Keyboard Alphabetic
Sepintas, keyboard jenis ini terlihat seperti QWERTY atau DVORAK jika diperhatikan. Hanya saja, tata letak dari tombol keyboard ini disusun secara alfabetis. Keyboard jenis ini lebih sering dijumpai pada mainan anak kecil dengan tujuan untuk mengenalkan mereka pada huruf dan angka. Dalam sebuah percobaan menyimpulkan, menggunakan keyboard ini ternyata malah memperlambat kemampuan mengetik dari pengguna.
-   Keyboard Numeric
    Jenis ini sendiri diciptakan berdasarkan permintaan atau kebutuhan dari para pengguna yang menginginkan tombol angka untuk mempermudah pekerjaan mereka.
Biasanya, keyboard ini sering digunakan untuk memasukkan angka dengan nominal besar karena penggunaanya yang lebih mudah dari jenis lainnya.
   
    Secara umum, struktur tombol pada keyboard terdiri atas 4, yaitu:
-      Tombol Ketik (Typewriter Keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Bagian – bagian keyboard pada kategori typewriter key ini terbentang dari tombol “~” diujung kiri atas hingga tombol “ctrl” di bagian kanan bawah.
-   Tombol Angka (Numeric Keys)
    Tombol angka merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun meyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
-   Tombol Fungsi (Function Keys)
    Tombol fungsi ini dapat melakukan berbagai hal seperti menampilkan hel support, melakukan proses rename, dan lain sebagainya. Tombol fungsi ini terbentang dari Esc pada ujung kiri atas, dilanjutkan dengan kombinasi tombol F1 hingga F12.
-   Tombol Kontrol (Control Keys)
    Tombol ini menyediakan control terhadapa kursor dan layer. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt), dan escape (esc).

c.    Scanner
Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital. Scanner dapat menduplikat objek tersebut menggunakan sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang terdapat pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan, dan gambar dari objek yang discan lalu dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.
Berikut fungsi – fungsi dari scanner:
-  Untuk menyalin berkas penting yang eksistensinya terancam oleh hal-hal yang menyerang kondisi fisik berkas tersebut
-  Untuk mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dinilai penting
-  Pengelolaan berkas
-  Pengamanan berkas

d.   Light Pen
Light Pen adalah suatu input device atau pointer elektronik yang biasanya di gunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer. Anda bisa menjumpai para desainer grafis untuk mengetahui kalau perangkat keras ini sangat berguna sekali untuk menggambar. Perangkat keras ini juga berfungsi atau pengganti dari keyboard dan mouse komputer.
Light Pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer. Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektonik. Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada, mereka mengikuti gambar yang tersedia.
Berikut fungsi – fungsi dari Lightpen, yaitu
-        Modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor)
-        Light Pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke computer yang    kemudian direkam

e.    Microphone
Microphone atau Mikrofon adalah suatu perangkat keras atau komponen yang sangat penting pada perangkat Elektronik seperti alat bantu pendengaran, perekam suara, penyiaran Radio maupun alat komunikasi lainnya seperti Handphone, Telepon, Interkom, Walkie Talkie serta Home Entertainment seperti Karaoke. Pada dasarnya sinyal listrik yang dihasilkan Microphone sangatlah rendah, oleh karena itu diperlukan penguat sinyal yang biasanya disebut dengan Amplifier.
Jika melihat dasar cara kerjanya, microphone ini melakukan penangkapan gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran listrik sinyal analog untuselanjutnya diperkuat dan diolah sesuai dengan kebutuhan, pengolahan berikutnya dengan Power Amplifier dari suara yang berintensitas rendah menjadi lebih keras
Berikut fungsi – fungsi dari microphone, yaitu:
-        Sebagai alat atau komponen audio yang digunakan untuk merekam sinyal audio, baik vocal, akustik instrument, atau apapun yang menjadi sumber suara
-        Mengubah suara yang berintensitas rendah menjadi lebih keras

f.    Joystick
Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer dan alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Berikut fungsi – fungsi joystick, yaitu:
-        Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol
-        Untuk mengontrol permainan video
-        Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin – mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk

g.    CPU
CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit adalah komponen keras atau perangkat hardware pemroses data utama dalam sebuah komputer. CPU dapat disebut sebagai otak komputer karena CPU mengatur semua aktifitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya.
Apapun itu semua hal yang berkaitan dengan proses dalam komputer baik suatu proses yang sepele sekalipun akan selalu diatur oleh CPU. Misalnya saat Anda menekan tombol huruf “H” pada keyboard saat mengetik, huruf “H” tersebut akan muncul di layar, CPU lah yang memungkinkan hal itu terjadi. Dengan demikian, tanpa adanya CPU dalam komputer maka komputer tidak akan bisa melakukan apapun atau komputer tidak dapat menjalankan programnya.
CPU secara teknis juga lebih sering disebut sebagai prosesor, oleh karena itu saat membaca dan mengenali spesifikasi suatu prosesor maka sebenarnya Anda sedang membaca spesifikasi CPU suatu perangkat.
Berikut fungsi – fungsi CPU, yaitu:
-        Fetching
Fetching adalah suatu istilah yang digunakan dalam ilmu komputer dan diartikan sebagai proses pengambilan atau pemanggilan data. Dalam sebuah perangkat komputer, data disimpan dalam harddisk pada CPU dengan sebuah alamat. Diibaratkan data didalam prosesor atau CPU disusun dalam kumpulan alamat dan ketika suatu program dijalankan CPU akan mengambil data dari alamat yang tersimpan dalam komponennya tersebut.
-      Decoding
Dalam suatu sistem CPU, sebuah program yang akan dijalankan atau yang dieksekusi, harus sesuai dengan kode instruksi yang nantinya akan diterjemahkan agar CPU dapat mengenalinya dalam kode instruksi biner. Dapat disimpulkan bahwa decoding adalah suatu proses penterjemahan suatu program ke dalam bahasa yang dimengerti oleh CPU. Decoding terjadi di dalam CPU dan semua program yang berjalan dalam perangkat komputer harus melalui proses decoding terlebih dahulu.
-        Executing
Saat suatu program dijalankan maka CPU akan mengeksekusi program tersebut. Maksudnya adalah CPU akan melakukan satu hal yakni melakukan kalkulasi atau perhitungan dengan menggunakan suatu komponen didalamnya yang disebut dengan ALU atau Arithmetical Logical Unit . Kompenen ALU sendiri bertanggung jawab dalam semua proses perhitungan matematika dan logika dalam komputer. Selain itu fungsi eksekusi dari suatu CPU juga berarti sebagai proses pemindahan suatu data dari suatu perangkat memori menuju perangkat memori yang lainnya.
-        Storing
Storing atau menyimpan data adalah salah satu fungsi lainnya dari CPU. Saat seseorang menggunakan komputer maka ia membutuhkan perangkat untuk menyimpannya baik secara sementara maupun secara permanen. Jika seseorang membutuhkan data dengan cepat dan memyimpannya secara sementara maka CPU akan menyimpannya dalam RAM sementara data yang disimpan secara permanen akan masuk ke dalam harddisk. Kedua fungsi tersebut dilakukan dan dikendalikan sepenuhnya oleh CPU.

h.   Harddisk Drive
Harddisk adalah salah satu perangkat keras komputer yang menyediakan ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Harddisk merupakan jenis memori komputer yang memiliki sifat non-volatile memory yang berarti data pada memori jenis ini tidak akan hilang meski perangkat tersebut telah dimatikan. Berbeda dengan media penyimpanan RAM yang hanya menyimpan data selama perangkat tersebut memiliki daya.
Berikut fungsi – fungsi harddisk drive, yaitu:
-                  Untuk menyimpan data digital
-        Menyimpan atau membaca data pada computer

2.   Perangkat Keluaran (Output Device)
Output device atau perangkat keluaran adalah sebuah komponen perangkat yang merupakan bagian dari personal komputer, output device merupakan perangkat yang bertugas untuk menampilkan data yang telah di proses oleh bagian processor, sebelumnya data di ambil oleh perangkat masukan atau input device. Keberadaan dari output device atau perangkat keluaran sangatlah penting, karena termasuk dalam perangkat primer untuk berjalanya sebuah personal komputer.
     Beberapa contoh perangkat keluaran:
a.    Monitor
          Perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output dari sebuah CPU dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan monitor. Monitor disebut juga dengan VDU (Visual Display Unit).
          Monitor berfungsi sebagai Output dari memori komputer atau central processing unit berupa biner. Ini harus diubah menjadi bahasa manusia dan ditampilkan kemonitor sehingga bisa dibaca oleh pengguna. Semua monitor memiliki jenis resolusi yang digunakan untuk menampilkan gambar. Ukuran inci LCD memberitahu apa jenis resolusi yang tersedia.

Macam – macam Monitor:
-        Monitor CRT (Chatode Ray Tube)
Monitor CRT merupakan monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi sinar katoda yang diletakkan di dalam tabung. Monitor CRT merupakan monitor komputer tertua yang hingga saat ini masih cukup banyak digunakan. Karena menggunakan tabung katoda, monitor CRT sering juga disebut dengan monitor tabung.
-        Monitor LCD (Liquid Cristal Display)
Monitor LCD merupakan monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi pancaran sinar di media cairan kristal. Dibandingkan monitor CRT, ukuran monitor LCD jauh lebih ramping. Tidak hanya itu, tingkat resolusi dan kualitas gambar yang bisa ditampilkan oleh monitor ini juga jauh lebih baik dibandingkan dengan monitor CRT.
-   Monitor LED (Light Emiting Diode)
Monitor LED memiliki bentuk seperti Monitor LCD namun monitor LED lebih ramping. Monitor LED memunculkan sebuah tampilan pada layar menggunakan emisi cahaya. Monitor LED menggunakan teknologi LED backlight. LED lebih efisien mengeluarkan cahaya. Kelebihan monitor LED dari segi konsumsi daya listrik monitor LED lebih hemat daripada monitor LCD.  Namun kelemahan monitor LED yaitu harga lebih mahal daripada monitor LCD.
-        Monitor Plasma
Merupakan monitor yang menggunakan gas neon atau xenon yang diletakkan diantara dua lapisan plat kaca. Pada lapisan gas di aliri listrik yang memberi reaksi berupa penciptaan pixel. Kualitas gambar lebih baik karena dalam proses pembuatan gambar dilakukkan secara langsung tanpa harus diuraikan terlebih dahulu. Monitor Plasma menggunakan teknologi gabungan, antara CRT dengan LCD. Hal ini membuat kitipisan Monitor Plasma menyerupai Monitor LCD dan sudut pandang pun luas seperti Monitor CRT.

b.   Speaker
Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.
Dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang ada pada penguat audio/suara kemudian dialirkan ke dalam kumparan.Dalam kumparan tadi terjadilah pengaruh gaya magnet pada speaker yang sesuai dengan kuat-lemahnya arus listrik yang diperoleh maka getaran yang dihasilkan yaitu pada membran akan mengikuti. Dengan demikian, terjadilah gelombang bunyi yang dalam keseharian dapat kita dengar.
Berikut fungsi – fungsi dari bagian speaker, yaitu :
-        Sekat rongga (conus). Berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang diakibatkan oleh gerakan udara di sekitarnya dari pergerakan kumparan. Gelombang tekanan tersebutlah yang sehari-hari kita dengarkan sebagai suara.
-        Membran. Berfungsi untuk menerima proses induksi dari magnet yang kemudian menghasilkan bunyi yang diakibatkan oleh getarannya (induksi).
-        Magnet. Berfungsi melakukan induksi terhadap membran dan juga untuk menghasilkan medan magnet.
-        Kumparan. Berfungsi mengalirkan energi gerak menuju ke conus atau sekat rongga. Perubahan yang terjadi dalam medan magnet speaker menyebabkan geraknya kumparan yang diakibatkan oleh interaksi antara kumparan dengan medan konstan magnet.
-        Casing. Berfungsi untuk melindungi seluruh bagian dalam speaker. Model casing sendiri cukup beraneka ragam, seperti misalnya berbahan kertas, plastik, logam, ataupun bahan campuran yang disebut composite.
c.    Printer
Printer adalah perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang ada dalam komputer. Dokumen tersebut bisa berupa teks biasa atau dengan gambar. Biasanya, printer digunakan untuk mencetak dokumen penting perusahaan, atau juga dokumen penting instansi sekolah, pemerintah dan banyak lagi. Intinya, printer komputer memiliki fungsi untuk mencetak dokumen/file dari computer.
Macam – macam printer:
-        Printer Inkjet
Jenis printer ini adalah yang paling umum ditemui pada saat ini. Printer ini menyemprotkan tinta ke atas kertas untuk membentuk gambar. Hal ini terjadi dikarenakan ada sebuah plat magnet yang langsung mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinginkan. Kualitas cetakan printer inkjet hampir menyamai kualitas cetakan pada printer laserjet. Kualitas printer inkjet standar adalah sekitar 300 dpi (dots per inch) , walaupun jenis printer yang baru sudah mulai berimprovisasi. Selain tinta warna, printer inkjet juga bisa diatur untuk mencetak dalam bentuk hitam putih.
-        Printer Laserjet
Printer laserjet atau sering disebut dengan printer laser merupakan jenis printer yang menggunakan laser pada proses pencetakannya. Pertama-tama laser disinarkan pada sejenis drum untuk membuat pola gambar yang akan dicetak. Lalu drum itu berputar melalui toner ( sejenis tinta untuk laserjet tetapi berupa bubuk dan tidak cair ) dan bagian pada drum yang berlistrik mengambil toner. Lalu dengan kombinasi antara tekanan dan panas. tinta di drum itu dipindahkan ke atas kertas. Printer laserjet bekerja sangat cepat dan catridgenya bertahan lebih lama.
-        Printer Dot Matrix
Printer ini menggunakan pita dan set pin yang tersusun sangat rapat untuk mencetak huruf dan karakter lain di kertas. Cara kerjanya mirip mesin tik. Kecepatan cetaknya sangat bervariasi yakni antara 50-500 karakter per sekon. Jumlah pinnya sangat bervariasi antara 9 -24 dan menentukan kualitas cetak yang dihasilkan. Jenis printer ini biasanya digunakan untuk mencetak faktur dan lain-lain.
-        Printer LCD / LED
Pada dasarnya jenis printer LED/LCD ini hampir sama dengan printer laser tetapi tidak menggunakan laser untuk membuat pola pada drumnya melainkan menggunakan cahaya. Orang-orang sering menyamakan printer Laser dengan printer LED/LCD. Proses cetaknya hampir sama printer tetapi printer LED/LCD menggunakan light-emitting diode. Printer ini menghasilkan kualitas cetak yang sangat tinggi baik itu teks maupun grafis.
-        Printer Solid Ink
Printer ini menggunakan sejenis tinta yang sudah dililinkan. Cara kerjanya adalah priinter melelehkan tinta yang melilin tersebut lalu ditampung dalam sebuah tempat yang kemudian dipindahkan ke sejenis drum yang lalu akan mendinginkan tinta itu baru mencetaknya ke kertas. Solid Ink printer. Jika dibandingkan dengan jenis – jenis printer lain, jenis printer ini mempunyai komponen dalam yang lebih sedikit. Suhu serta kelembapan kertas mempengaruhi kerja printer ini.
-        Printer Label
Sesuai namanya, printer ini digunakan untuk mencetak label. Beberapa Printer Label memiliki banyak fungsi sekaligus yakni pada supermarket juga bisa digunakan untuk mencetak barcode. Beberapa Printer label juga bisa mencetak label dengan berbagai bentuk.
Sebuah printer label dengan built-in keyboard dan layar untuk berdiri sendiri, tidak menggunakan perangkat lain (tidak terhubung ke komputer yang terpisah) sering disebut pembuat label. Label printer berbeda dari printer biasa karena label printer perlu memiliki mekanisme pakan khusus untuk menangani kertas digulung, atau lembar kartu (fanfold).
Berikut fungsi – fungsi printer, yaitu:
-        Mencetak dokumen / file dari computer ke media kertas atau yang lainnya
-        Fungsi ganda merangkap scanner
-        Mengoptimalkan kemampuan pemahaman individu dalam menganalisa dokumen
d.   Headphone
         Headphone adalah perangkat output yang memiliki bentuk seperti bando dan terdapat alat penutup telinga untuk mendengarkan suara. Headphone ada yang memiliki kabel yang menghubungkannya dengan gadget, ada juga yang tanpa kabel atau wireless. Headphone wireless biasaya menggunakan fitur Bluetooth untuk menghubungkannya ke perangkat. Headphone pada dasarnya tidaklah jauh berbeda dengan headset. Hanya saja, headphone tidak dilengkapi dengan microphone. Headphone sering digunakan untuk mendengarkan musik dari PC.
Macam – macam headphone:
-        Headphone In-ear
In-ear adalah headphone yang bud-nya masuk ke dalam telinga dan menjadi jenis yang paling ringan dan compact dibandingkan jenis lainnya. Headphone jenis ini juga tidak akan mengintervensi pengguna yang mengenakan kacamata, anting, hingga topi dan bandana
-        Headphone On-ear
Headphone On-ear diyakini sebagai headphone yang paling umum dan everlasting dari sisi gaya. Headphone ini tidak memiliki bud yang masuk lubang telinga, melainkan berupa bantalan yang menempel sekedarnya di daun telinga, sehingga terasa lebih nyaman dan tidak panas.
-        Headphone Over-the-ear
Headphone Over-the-ear dianggap sebagai headphone profesional karena biasa digunakan untuk kepentingan broadcasting hingga disc jockey. Biasanya, headphone ini hadir dengan cup ukuran besar yang akan menutup daun telinga.
Suara yang dihasilkan headphone over-the-ear menawarkan kualitas suara yang lebih baik dibandingkan headphone lainnya.
-        Wireless Headphone
Adalah Headphone yang tidak memperlukan kabel namun biasanya wireless headphone membutuhkan pengisian ulang baterai.





Comments

Popular posts from this blog

Software Akuntansi