Perangkat Lunak (Software)

Perangkat Lunak
Software





Perangkat lunak (software) merupakan suatu rangkaian instruksi atau perintah yang dibuat dan dipasangkan pada suatu perangkat keras, agar perangkat keras tersebut dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Perangkat lunak sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Pada awalnya perangkat lunak komputer dibuat hanya untuk satu tugas saja, sampai sekitar tahun 1960an baru mulai muncul era perangkat lunak modern dengan berbagai fungsi. Alan Turing adalah salah satu yang berperan dalam rintisan awal perangkat lunak pada komputer Mark I.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk:
1.   Mengidentifikasi program
2.   Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol
3.   Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Macam-macam perangkat lunak
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu:
1.   Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang pertama kali harus di install ke komputer. Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar dari sebuah komputer sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan, serta mengelola perangkat keras dan perangkat lunak yang ada pada komputer.
Sistem Operasi ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan perangkat keras. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada perangkat keras, perintah tersebut akan disampaikan ke Sistem Operasi terlebih dahulu, baru kemudian oleh Sistem Operasi disampaikan ke perangkat keras. Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke Sistem Operasi dahulu, baru kemudian oleh Sistem Operasi disampaikan ke printer.
Beberapa contoh sistem operasi:

a.   Linux
Linux merupakan sistem operasi berbasis open source. Kernel (program komputer yang menjadi inti dari sebuah sistem operasi komputer dengan kontrol terhadap segala hal atas sistem tersebut) sistem operasi Linux di ciptakan oleh Linus Torvald pada tahun 1991 saat dia masih berada dalam masa kuliah di Universitas Helsinski, Firlandia.
Jauh sebelum Linus Torvald mengembangkan kernel Linux Richard Stallman sudah terlebih dahulu mengembangkan project GNU. Dalam project ini Stallman adalah untuk menciptakan sistem operasi yang benar-benar free (free di sini berarti bebas untuk di kembangkan, free tidak selalu gratis).
Berbagai kode program di kembangkan dan pada tahun 1991 kode ini telah terkumpul hanya kurang satu yaitu kernel. Sementara itu di tempat lain Linus Torvald yang saat itu masih menjadi mahasiswa di Universitas Helsinski mengembangkan project pribadi untuk mengembangkan kernel sistem operasi yang mirip dengan UNIX (atau di sebut UNIX like).
Proses development yang di lakukan Linus baru sebatas kernel. Kernel yang ia kembangkan baru dapat membaca harddisk dan device yang terhubung ke komputer. Pada bulan September di tahun 1991 kernel ini di luncurkan dengan nama Linux. Kernel ini sendiri di beri versi 0.01. kernel ini kemudian di gabungkan dengan project GNU hingga terbentuklah nama GNU/Linux.
Setelah itu perkembangan Linux menjadi sangat cepat. Pada 5 Oktober 1991 Linus mengumumkan kernel Linux 0.02 dan pada 19 Desember 1991 dia kembali memperkenalkan versi kernel 0.11 yang mana pada versi ini Linux sudah dapat berfungsi selayaknya sistem operasi standar.
Sampai versi 0.11 kernel Linux masih berlisensi free software. Namun pada rilis berikutnya Linus mengganti lisensi kernel yang ia ciptakan menjadi GNU/GPL (General Public License) hal ini membuat siapapun dapat melihat, mengembangkan dan berpartisipasi dalam proses development Linux.
Pada awal kemunculannya yakin pada dekade 1990-2000. Linux hanya di gunakan pada lingkungan aplikasi berskala besar seperti web server, network server dan database server. Namun setelah itu Linux mulai dikembangkan untuk desktop. Banyak variasi sistem operasi Linux (atau di sebut Distro Linux).
Sekarang sistem operasi Linux telah di gunakan di berbagai infrastruktur dan berbagai hardware. Mulai dari web server yang melayani puluhan ribu request per detik hingga aplikasi embedded. Selain itu Linux juga menjadi tulang punggung berbagai perangkat kritis seperti satelit, kelistrikan, surveillance hingga pada pesawat terbang.
Berikut ini beberapa distro Linux yang popular:
-        Ubuntu
-        Debian
-        Slackware
-        CentOS
-        OpenSUSE
-        SUSE
-        Fedora
-        RedHat
-        Mandriva
-        Linux Mint
-        BlankON
-        IGOS
-        Gentoo
-        Sabily
-        Knoppix
-        BackTrack

b.  Macintosh
Macintosh atau disingkat Mac adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang di produksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan Macintosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertical yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, dimana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara ekslusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.
Berikut perkembangan versi Mac OS dari waktu ke waktu:
-        Public Beta: “Kodiak
-        Versi 10.0: “Cheetah
-        Versi 10.1: “Puma
-        Versi 10.2: “Jaguar
-        Versi 10.3: “Panther
-        Versi 10.4: “Tiger
-        Versi 10.5: “Leopard
-        Versi 10.6: “Snow Leopard
-        Versi 10.7: “Lion
-        Versi 10.8: “Mountain Lion
-        Versi 10.9: “Mavericks

c.   Microsoft Windows
Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antar muka pengguna grafis.
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kembali bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
Berikut perkembangan Microsoft Windows dari waktu ke waktu:
-        Windows 1.0
-        Windows 2.0
-        Windows 3.0
-        Windows 3.1
-        Windows 95
-        Windows 4.0
-        Windows 98
-        Windows 2000
-        Windows XP
-        Windows Vista
-        Windows 7
-        Windows 8

d.  Microsoft DOS (Disk Operating System)
Microsoft DOS adalah sistem operasi buatan Microsoft. Microsoft DOS atau disingkat dengan Ms DOS adalah produk sistem operasi yang pertama Microsoft. Sistem operasi ini pertama kali dibuat oleh Tim Patterson dari Seattle Computer. Ms DOS kemudian dibeli oleh Microsoft sebagai sistem operasi untuk komputer intel 8086 yang baru.
Kalau pernah lihat film Pirates of Silicon Valley, disana dikisahkan saat menyanggupi sistem operasi untuk komputer IBM sebetulnya Microsoft belum mempunyai produk sistem operasi. Kemudian Paul Allen (salah satu pendiri Microsoft) diminta oleh Bill Gates untuk mencari sistem operasi. Sampai akhirnya Paul Allen menemukan DOS yang saat itu bernama QDOS dan mengubah namanya menjadi Ms DOS.
Sistem operasi Ms DOS awalnya dipasarkan secara OEM bersama dengan komputer buatan IBM dan baru ada versi retailnya saat rilis versi 5.x. Kelemahan Ms DOS adalah sistem operasi ini belum mampu menangani banyak perintah secara bersamaan (multitasking). Pada rilis versi 6.x Ms DOS sudah disertai dengan fitur kompresi file dan pengaman antivirus. Rilis terakhir Ms DOS adalah versi 8.0 yang di-include pada rilis Microsoft Windows XP.

2.   Program Aplikasi (Application Programs)
Program aplikasi pada komputer merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Dalam sebuah komputer aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhannya masing-masing.
Berikut ini adalah program aplikasi yang dapat dibedakan lagi menjadi beberapa macam:

a.   Program Pengolah Kata
Program pengolah kata merupakan perangkat lunak komputer yang digunakan untuk membuat atau mengolah dokumen yang berbentuk teks. Contoh dokumen teks adalah surat, makalah, karya tulis, laporan kegiatan, laporan penelitian, buku, novel, majalah dan sebagainya.
Meskipun disebut dokumen teks di dalamnya bisa memuat gambar, tabel, grafik, foto dan sebagainya. Dokumen yang telah dibuat dan diolah bisa disimpan, dicetak atau diunggah ke internet.
Ciri khas program pengolah kata adalah memiliki kemampuan pengolahan mulai dari karakter (huruf), sekumpulan karakter membentuk suatu kata, sekumpulan kata membentuk suatu kalimat, sekumpulan kalimat membentuk suatu paragraph, sekumpulan paragraph membentuk suatu halaman, sekumpulan halaman membentuk suatu naskah atau dokumen.
Naskah yang dimaksud disini merupakan data digital yang disebut sebagai berkas (file). Program pengolahan kata dapat membuat dan menyunting teks, mengatur tipografi, mengatur paragraph, mengatur halaman, menyisipkan tabel dan elemen grafis lainnya, menyimpan dokumen dan mencetak berkas (file).
Ada banyak program pengolah kata, contohnya sebagai berikut:
-        Microsoft Word
-        Word Perfect
-        OpenOffice.Org Writer
-        Wordstar

b.  Program Pengolah Angka (spreadsheet)
Pengolah angka atau spreadsheet merupakan suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Masing-masing nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilai yang lainnya. Jika salah satu nilai dirubah, maka nilai yang lain juga perlu dirubah. Aplikasi spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Pada spreadsheet, masing-masing nilai menempati suatu sel. Kita dapat mendefinisikan tipe data pada sel dan hubungannya dengan sel-sel yang lain.
Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain : pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan lain-lain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.
Contoh program pengolah angka (spreadsheet):
-        Microsoft Excel
-        Quarto Pro
-        OpenOffice.Org Calc
-        Lotus 123

c.   Program Pengolah Presentasi
Perangkat lunak pengolah presentasi adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk membuat file presentasi. Karena fungsinya sebagai alat untuk mengutarakan ide/gagasan, maka program presentasi harus memiliki tampilan yang menarik. Program presentasi dapat memasukkan objek-objek seperti gambar, video dan suara.
Fasilitas-fasilitas dari program presentasi:
-        Menambah dan mengurangi teks dalam sebuah frame
-        Layout presentasi yang terdiri dari frame-frame terpisah
-        Template, berupa cetakan-cetakan presentasi yang siap pakai
-        Efek perpindahan antar slide
-        Melihat presentasi dengan layar penuh (full screen)
Berikut beberapa macam perangkat lunak pengolah presentasi:
-        Microsoft Power Point
-        OpenOffice.Org Impres
-        Apple Work
-        Macromedia Flash MX

d.  Program Pengolah Gambar
Perangkat lunak pengolah gambar banyak digunakan untuk keperluan desain grafis, misalnya untuk membuat poster, ilustrasi, undangan, dan sebagainya. Dalam desain grafis, teks, gambar juga dianggap sebagai hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
Pada prinsipnya ketika kita mengambil gambar/foto baik melalui kamera digital, kamera HP, ataupun scanner, mempunyai cirri-ciri yang beragam dan tentu saja hal ini banyak dipengaruhi oleh faktor hardware dan kondisi ketika kita mengambil objek foto tersebut. Jika kita merasa tidak puas akan hasil foto yang telah kita dapatkan ada baiknya kita mengolahnya terlebih dahulu menggunakan software-software pengolah gambar, tujuannya untuk meningkatkan kualitas dari foto yang telah kita ambil atau mungkin sekadar ingin memberikan efek atau variasi pada gambar yang kita olah.
Beberapa macam software di bawah ini ada yang di khususkan untuk mengolah gambar:
-        Corel Draw
-        Adobe Photoshop
-        GIMP
-        Photoscape

e.   Program Pengolah Database
Proses memasukan (input) dan mengambil data dari media menyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data. Software atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data atau database disebut dengan sistem manajemen basis data DBMS. DBMS atau Database Management System merupakan suatu sistem perangkat lunak (software) yang memungkinkan pengguna basis data (database user) untuk memelihara, mengontrol dan mengakses data secara praktis dan efisien. Semua akses ke basis data atau database akan ditangani oleh DBMS ini. Tujuan utama DBMS adalah untuk memberikan tinjauan abstrak data kepada pengguna. Hampir semua industri di seluruh dunia menggunakan teknologi database sebagai penunjang aplikasi dan sistem bisnis mereka. Fungsi dari database itu ada banyak, beberapa diantaranya:
- Mengelompokan data untuk mempermudah identifikasi data, database menyiapkan data yang sesuai dengan permintaan user terhadap suatu informasi dengan cepat dan akurat. Melalui software database management system (DBMS) user atau petugas bank dapat mencari profil informasi seorang nasabah dalam hitungan detik, DBMS akan menyajikan data lengkap mengenai profil yang diminta.
-  Menghindari adanya duplikasi data dan inkonsistensi data, software DBMS sebagai software untuk menjalankan database komputer mempunyai kemampuan menginformasikan kepada user/pengguna pada saat kita input data apabila data yang akan diinput sudah ada dalam database. Duplikasi data di dalam database sangat dimungkinkan, karena database dapat diakses dari banyak komputer dari berbagai tempat yang tersambung ke sistem database
-  Memudahkan dalam menyimpan, mengedit, menghapus, menginput dan mengakses data
-     Menjadi sebuah solusi dalam proses penyimpanan sebuah data, terutama data yang memiliki ukuran besar.
-    Mendukung aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan. Hampir semua aplikasi modern membutuhkan ruang yang besar untuk menjalankan fungsinya secara optimal, disini peran database sebagai penyedia ruang untuk menyimpan data-data aplikasi dan sistem sebuah komputer.
Software database merupakan salah satu jenis software yang juga menjadi bagian yang sangat penting di dalam komputer. Ada berbagai software database yang bisa menjadi bagian dalam pengolahan pada komputer. Dengan adanya software database ini komputer bisa berjalan dengan baik dan bisa berjalan sesuai dengan apa yang digunakan. Secara umum ada beberapa jenis software database:
-        Microsoft Access
-        MySQL
-        OpenOffice.Org Base
-        Oracle

f.    Program Multimedia
Perkembangan multimedia dari jaman ke jaman semakin maju pesat. Hal ini ditandai dengan perubahan media hiburan masyarakat mulai dari radio hingga sekarang muncul sebuah televisi. Sehubungan dengan hal itu, perkembangan software multimedia juga semakin banyak bermunculan. Software multimedia merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah berbagai media informasi seperti teks, gambar, video, foto, audio, dan lain-lainnya. Software multimedia tersebut dapat didapat dari yang berlisensi sampai yang open source. Berikut adalah beberapa macam software pengolah multimedia:
-        Windows Media Player
-        DVD Player
-        WinAmp
-        KMP Player

g.  Aplikasi Komunikasi dan Browser
Software aplikasi sebagai media komunikasi adalah software yang digunakan seorang pengguna komputer agar dapat saling berhubungan atau berkomunikasi dengan pengguna komputer lain di berbagai tempat maupun berbagai belahan dunia. Aplikasi ini dapat berbagi obrolan yang berupa beberapa teks atau kalimat dari orang satu ke orang lain, namun dengan catatan mereka harus saling terhubung satu sama lain. Tidak hanya obrolan melalui teks, mereka juga dapat saling bertatap muka.
Browser atau penjelajah web sudah tidak asing lagi ditelinga kita, setiap hari kita selalu berhubungan dengan browser. Aktifitas kerja ataupun hiburan kini kebanyakan dijalankan di browser dengan memanfaatkan jaringan internet. Secara singkat browser adalah alat untuk menjelajahi atau membuka konten-konten yang bertebaran di dunia maya.
Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser-browser popular sekarang dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data lainnya.
Sebenarnya banyak sekali aplikasi yang berfungsi sebagai media komunikasi dan internet, namun disini saya hanya akan memberikan beberapa contohnya:
-        Google Chrome
-        Microsoft Outlook
-        Mozila Firefox
-        Yahoo Messege

3.   Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Kalian tau program yang ada di komputer? Sering menggunakannya? Kita yang awam tentang dunia programmer tentu asing dengan bahasa-bahasa pemrograman, kita hanya terbiasa menggunakannya saja. Bahasa pemrograman/bahasa komputer adalah instruksi standar untuk memerintah komputer, yang merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik, seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data disimpan dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat menerjemahkan perintah-perintah yang diberikan pengguna menjadi bahasa yang dapat dipahami dan dijalankan mesin komputer. Seperti diketahui komputer hanya mengerti instruksi dalam bentuk biner (bit bit bernilai 0 atau 1). Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang ada di dunia ini, dan dari sekian banyaknya bahasa pemrograman yang ada ternyata mempunyai tingkatan atau level masing-masing.

a.   Tingkat Rendah
Jenis bahasa rendah atau low level language ini adalah bahasa pemrograman yang lebih ditujukan pada mesin. Maksudnya adalah karena jenis bahasa ini lebih dekat dengan bahasa mesin dibandingkan dengan bahasa manusia. Contohnya:
-        Assembly Language
Kenapa bahasa pemrograman ini sangat sulit:
-        Materi yang satu ini sulit dipelajari, seorang programmer harus mengerti berbagai seluk beluk perangkat keras yang digunakan
-        Bahasa assembly yang digunakan untuk satu jenis mikroprosesor dengan lainnya tentunya jauh berbeda, karena belum ada standarisasinya. Adapun contohnya untuk bahasa assembly yang biasanya digunakan untuk mikroprosesor ini adalah intel 8088.
b.  Tingkat Menengah
Bahasa tingkat menengah, disebut demikian, karena jenis bahasa ini tidak dapat masuk ke dalam jenis bahasa tinggi atau tingkat rendah. Adapun contoh dari bahasa tingat menengah ini adalah:
-        Bahasa C
c.   Tingkat Tinggi
Bahasa pemrograman tingkat tinggi ini mempunyai ciri yang mudah dimengerti oleh siapa saja, karena memiliki kedekatan terhadap bahasa sehari-hari. Suatu pernyataan dari program akan diterjemahkan pada sebuah atau juga beberapa mesin menggunakan compiler. Adapun contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah:
-        Visual Basic
-        Java
-        Pascal
-        PHP
4.   Program Bantu (Utility)
Software utility merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk membantu proses analisis, pengaturan (konfigurasi), optimasi atau perawatan komputer, keberadaannya akan sangat dibutuhkan sebagai upaya pencegahan apabila tiba-tiba terjadi kesalahan (error) pada komputer.
Program bantu (utility) adalah software yang dirancang untuk membantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer dan merupakan salah satu unsur dari sistem software yang berfungsi membantu pengoperasian sistem, antara lain: memformat disk, mengkompres file, mempersiapkan media disk, membuat duplikat disk atau file, membuat atau menghapus proteksi suatu sistem software, memperbaiki bagian file atau disk yang rusak, menguji kebenaran komputer dan masih banyak yang lainnya.
Berikut ulasan mengenai beberapa macam software utility:

a.   Norton Utility
Norton Utility adalah kumpulan perangkat lunak komputer yang diterbitkan oleh Peter Norton pertama kali untuk sistem operasi DOS dengan nama The Norton Utilities, Release 1 pada 1981. Release 2 dikeluarkan beberapa tahun kemudian, setelah perkembangan cakram keras pada IBM PC. Perusahaan Peter Norton dijual kepada Symantec pada 1990. Walaupun demikian namanya tetap menjadi merek dagang untuk perangkat-perangkat lunak terbitan Symantec untuk pengguna di rumah.

b.  WinZip
WinZip adalah sebuah program shareware pengarsipan dan kompresi berkas yang dibuat oleh WinZip Computing (sebelum Nico Mak Computing) pada awal tahun 1990-an. WinZip juga menyediakan versi freeware yang mempunyai kemampuan terbatas.

c.   Norton Ghost
Aplikasi Norton Ghost ini akan membantu kita dalam melakukan backup harddisk secara keseluruhan, termasuk perangkat lunak sistem operasi, aplikasi, serta partisi. Dengan Norton ghost kita tidak perlu repot untuk melakukan instalasi harddisk kosong yang membutuhkan waktu lama. Harddisk yang disalin melalui Norton ghost menjadi sama seperti harddsik sumbernya. Bayangkan jika kita memiliki lima unit komputer dengan kapasitas harddisk yang sama, misalnya tiga harddisk dari komputer tersebut sistem operasinya tidak berfungsi, dengan bantuan Norton ghost, waktu yang dibutuhkan untuk instalasi tersebut menjadi lebih rendah.

d.  Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodufikasi atau ketika disimpan).
Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware-malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.
Beberapa macam program antivirus:
-        Smadav
-        AVG
-        Avira
-        Avast




Comments

Popular posts from this blog

Software Akuntansi